Bahan ajar atau bahan pembelajaran adalah seperangkat bahan bermuatan materi atau isi pembelajaran yang didesain untuk mencapai tujuan pembelajaran. Bahan ajar juga bisa disebut sebagai suatu informasi, alat, dan teks yang diperlukan guru untuk perencanaan dan penelaahan implementasi pembelajaran.
Sebuah
bahan ajar paling tidak mencangkup antara lain, petunjuk belajar (petunjuk
siswa atau guru),kompetensi yang akan dicapai, informasi pendukung,
latihan-latihan, petunjuk kerja, dapat berupa lembar kerja (LK), dan evaluasi.
Tujuan
Penyusunan Bahan Ajar
Bahan
pembelajaran disusun dengan tujuan :
·
Menyediakan bahan ajar yang
sesuai dengan tuntutan kurikulum dengan mempertimbangkan kebutuhan peserta
didik, yakni bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik dan setting atau
lingkungan sosial peserta didik.
·
Membantu peserta didik
dalam memperoleh alternatif bahan pembelajaran disamping buku-buku teks yang
terkadang sulit diperoleh.
·
Memudahkan guru dalam
melaksanakan pembelajaran
Manfaat
Bahan Ajar
Terdapat
manfaat bahan ajar bagi guru dan peserta didik
dalam pembelajaran. Berikut penjelasannya.
1. Manfaat
bagi guru
·
Diperoleh bahan ajar yang
sesuai tuntutan kurikulum dan sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik
·
Tidak lagi tergantung
kepada buku teks yang terkadang sulit untuk diperoleh
·
Memperkaya karena
dikembangkan dengan menggunakan berbagai referensi
·
Menambah khasanah
pengetahuan dan pengalaman guru dalam menulis bahan ajar
·
Membangun komunikasi
pembelajaran yang efektif antara guru dengan peserta didik karena peserta didik
akan merasa lebih percaya kepada gurunya
·
Menambah angka kredit jika
dikumpulkan menjadi buku dan diterbitkan.
2.
Manfaat bagi peserta didik
·
Kegiatan pembelajaran
menjadi lebih menarik
·
Kesempatan untuk belajar
harus disusun secara mandiri dan mengurangi ketergantungan terhadap kehadiran
guru.
·
Mendapatkan kemudahan dalam
mempelajari setiap kompetensi yang harus dikuasainya
Fungsi
Bahan Ajar
Bahan
ajar memiliki fungsi dalam pembelajaran dan berpengaruh terhadap proses
pendidikan. Bahan pembelajaran dapat mempengaruhi kualitas pembelajaran
termasuk kualitas hasil belajar. Fungsi bahan ajar diantaranya adalah:
·
Pedoman bagi guru yang akan
mengarahkan semua aktivitasnya dalam proses pembelajaran, sekaligus merupakan
substansi kompetensi yang seharusnya diajarkan kepada siswa.
·
Pedoman bagi siswa yang
akan mengarahkan semua aktivitasnya dalam proses pembelajaran, sekaligus
merupakan substansi kompetensi yang seharusnya dipelajari atau dikuasainya.
·
Sebagai alat evaluasi
pencapaian atau penugasan hasil pembelajaran.
Sekilas
Tentang Kurikulum Merdeka
Kurikulum
Merdeka bertujuan untuk mengatasi krisis pembelajaran yang diperparah oleh
adanya Pandemi Covid-19 yang berakibat pada learning loss dan
meningkatnya kesenjangan pembelajaran. Sehingga Kurikulum Merdeka merupakan
penyederhanaan kurikulum dalam bentuk kurikulum dalam kondisi khusus (kurikulum
darurat) efektif memitigasi learning loss di masa Pandemi
Covid-19.
Setidaknya
ada 4 arah perubahan kurikulum dalam Kurikulum Merdeka ini. Antara lain adalah
sebagai berikut.
·
Struktur kurikulum yang
lebih fleksibel, jam pelajaran ditargetkan untuk dipenuhi dalam satu tahun;
·
Fokus pada materi yang
esensial, Capaian Pembelajaran (CP) yang diatur per fase, bukan per tahun;
·
Memberikan keleluasaan bagi
guru menggunakan berbagai perangkat ajar sesuai kebutuhan dan karakteristik
peserta didik; serta
·
Aplikasi yang menyediakan
berbagai referensi bagi guru untuk dapat terus mengembangkan praktik mengajar
secara mandiri dan berbagi praktik baik.
Efektivitas
kurikulum dalam kondisi khusus dianggap akan semakin menguatkan pentingnya
perubahan rancangan dan strategi implementasi kurikulum secara lebih
komprehensif. Hal ini tentunya diharapkan mampu memberikan solusi atas
kesenjangan dalam hal kualitas belajar.
Perangkat
Ajar di Kurikulum Merdeka
Perangkat
ajar merupakan berbagai bahan ajar yang digunakan oleh pendidik
dalam upaya mencapai Profil Pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran.
Perangkat ajar meliputi modul ajar, buku teks pelajaran, video pembelajaran
serta bentuk lainnya.
Perangkat
ajar terbagi kedalam tiga jenis, yaitu buku teks, mosul ajar, dan modul projek.
Pendidik memiliki kemerdekaan untuk membuat sendiri, memilih, dan memodifikasi
perangkat ajar yang tersedia sesuai dengan konteks, karakteristik, serta
kebutuhan peserta didiknya.
Berkaitan
dengan perangkat ajar, satuan pendidikan dalam hal ini sekolah, dapat memilih
untuk:
·
Menerapkan beberapa bagian
dan prinsip Kurikulum Merdeka, tanpa mengganti kurikulum satuan pendidikan yang
sedang diterapkan
·
Dapat menerapkan Kurikulum
Merdeka menggunakan perangkat ajar yang sudah disediakan (buku teks, modul
ajar, dll) yang dapat diunduh di platform Merdeka Mengajar.
·
Menerapkan Kurikulum
Merdeka dengan mengembangkan sendiri berbagai perangkat ajar.
Segera
daftarkan diri Anda dalam “Pelatihan bersertifikat 32 JP: Membuat Publikasi
Ilmiah Diktat untuk Kenaikan Pangkat” yang akan dilaksanakan mulai tanggal 3
s/d 14 maret 2022 pukul 19.00 WIB via zoom dan telegram.
Daftar
sekarang dan dapatkan potongan sebesar 25.000,-
Diskon
terbatas!! Gunakan kode kupon: PENGGERAK
Klik disini untuk mendaftar!
Sumber: e-guru.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar