Persiapan
penuh perlu dipersiapkan guru di Indonesia demi bisa mencerna semua aspek yang
yang terkandung dalam kurikulum prototipe 2022.
Mungkin
memang sekarang yang baru melakukan kurikulum ini adalah dari program sekolah
penggerak. Program sekolah penggerak ini merupakan wadah bagi kurikulum
prototipe untuk diujicobakan. Sehingga nantinya pasti akan ada evaluasi yang
menyebabkan revisi-revisi hingga kurikulumnya nanti digunakan secara
massal.
Ada
banyak istilah baru yang sebenarnya merupakan bentuk penyerdehanaan dari
pembelajaran sebelumnya. Misalnya seperti Kompetensi Inti dan Kompetensi dasar
yang diubah namanya menjadi Capaian Pembelajaran. Lalu banyak hal lainnya juga
yang menjadi penting untuk disimak agar guru bisa lebih maksimal dalam
pengaplikasiannya.
Desain
Pembelajaran Kurikulum Prototipe
Ada
empat tahapan dalam desain pembelajaran kurikulum prototipe 2022 ini.
Sebelumnya kita mengenal Kompetensi Inti dan Konpetensi dasar, lalu ada
indikator dan lain sebagainya. Lalu di dalam kurikulum baru ini konsepnya
menjadi sedikit berbeda karena penamaannya pun berubah dan lebih disederhanakan
lagi. Berikut empat tahapan desain pembelajaran kurikulum prototipe:
·
Capaian Pembelajaran
Capaian
Pembelajaran atau yang nanti dikenal CP merupakan kompetensi pembelajaran yang
ditetapkan oleh pemerintah. Capaian pembelajaran ini jika dikomparasi maka
perannya sama dengan KI dan KD di K13. Capaian pembelajaran ini disusun secara
sistematis dan disesuaikan berdasarkan fase.
·
Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran ini kurang lebih sama
dengan konsep dari K13 yaitu merupakan jabaran kompetensi yang akan dicapai
oleh siswa. Tujuan pembelajaran ini biasanya akan beragam sesuai dengan jenjang
dan materi yang akan diajarkan. Maka dari itu tujuan ini pasti nantinya
disesuaikan dengan guru yang akan mengajarkannya.
·
Alur Tujuan Pembelajaran
Alur tujuan pembelajaran ini sesuai
dengan namanya yaitu sebuah alur sistematis rencana studi dari awal hingga
akhir. Hal ini nantinya akan mengikuti CP yang disesuaikan dengan fase
siswanya.
·
Modul Ajar
Modul ajar merupakan seperangkat alat
dan bahan untuk mengajar yang sudah disesuaikan dengan aspek lainnya dalam
desian pembelajaran kurikulum prototipe. Dalam modul ajar ini tentu saja
menjadi banyak perbedaan dengan K13 sebelumnya sebab ada beberapa aspek
tambahan yang membuat guru perlu menyiapkannya dengan sistematis dan
menarik.
Desain pembelajaran untuk penerapan kurikulum
prototipe ini telah mengalami penyederhanaan yang begitu signifikan dari K13.
Maka dari itu para guru dan sekolah perlu mengkaji ulang serta mendalaminya
agar bisa terlaksana secara maksimal. Selain itu juga perlu diperhatikan bahwa
CP yang digunakan itu berdasarkan keenam fase di atas, jadi pembelajarannya
pasti akan bervariasi untuk setiap fasenya.
Sumber: e-guru.id
Dapatkan sertifikat pelatihan Kurikulum Paradigma Baru dengan mendaftar jadi member pada link ini: https://e-guru.id/member/s/vfl6g7n
Tidak ada komentar:
Posting Komentar